Pengembangan E-Modul IPAS dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas 4 Fase B Materi Sumber Daya Alam

Authors

  • Rohmat Widiyanto
  • Ryashad Amar Nurfadillah

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v10i2.3213

Keywords:

E-modul, ADDIE, Kurikulum Merdeka, Sumber daya alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berupa E-Modul pada materi Sumber Daya Alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dan penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) Analisis, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Modul pembelajaran berupa E-Modul yang telah dikembangkan telah diuji melalui angket validasi media dengan rata-rata penilaiain sebesar 89% dikategorikan sangat layak, angket validasi materi dengan rata-rata penilaian sebasar 80% dikategorikan layak, angket validasi ahli Bahasa dengan rata-rata penilaian sebesar 80% dikategorikan layak, angket validasi respon pendidik dengan rata-rata 98% yang dinyatakan sangat layak, angket validasi respon peserta didik dengan rata-rata penilaian sebegsar 80% dikategorikan layak. Hal ini menunjukan media tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

References

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019): 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Diana Rossa Martatiyana, Lina Novita, Ratih Purnamasari. Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Manfaat Energi Kelas IV Di Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH. Vol. 8, No. 1, Oktober 2022 Halaman:44-57

Haidhar Reizal, Agustiningsih, Fajar Surya Hutama. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Infografis pada Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH. Hal 54-65.

Junaidi, Junaidi. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3, no. 1 (2019): 45–56.

Muhenda Hafidh, Mai Sri Lena. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas V Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH. Vol. 8, No. 2, April 2023 Halaman: 112-123.

Okrul, W., Samiha, Yulia Tri Asnilawati, A., Riswanda, J., & Nurkohman, A. (2020). Review : Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) Berbasis Multimedia Interaktif di Lengkapi Education Game. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020,

Orkha, M. F., Anggun, D. P., & Wigati, I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA. Bioilmi, 6(2), 77–85. http://repository.radenintan.ac.id/10853/1/Halaman

Seruni, Rara., Siti Munawaroh., Fera Kurniadewi., dan Muktiningsih Nurjayadi. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Prosessional. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 4 (1), 48-56.

Sugiyono. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2016.

Wulansari, Evi Wahyu., Sri Kantun., dan Pudjo Suharso. (2018). Pengembangan E- Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12 (1), 1-7

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract viewed = 4 times