Analisis Pendidikan dan Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik PAUD di Kota Sukabumi

Authors

  • Fatimah Zahra Isnaini Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Leonita Siwiyanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • H. Ibnu Hurri Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.878

Keywords:

Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi Profesional

Abstract

Ditemukan adanya minim kualifikasi S1 PAUD yang dimiliki pendidik PAUD di Kota Sukabumi karena banyaknya yang belum memenuhi kualifikasi S1 PAUD dan S1 yang belum linear. Melalui pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh HIMPAUDI dan instansi lain seperti Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, semua pendidik PAUD dituntut untuk selalu aktif memberikan pengarahan kepada peserta didik, melakukan observasi pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik PAUD di kota sukabumi. Data yang dikumpulkan dari lapangan berupa data kuantitatif yang diolah dengan menggunakan statistika dan metode deskriptif. Pengaruh pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik PAUD di kota sukabumi terhadap kinerja guru dapat diperlihatkan dari hasil uji hipotesis yang diambil kesimpulan bahwa pendidikan dan pelatihan memiliki pengaruh dalam peningkatan kompetensi profesional pendidik PAUD di Kota Sukabumi.

References

Afifuddin. (2014). Manajemen Personalia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Djamarah, D. S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farichah, U. (2015). Pengaruh Pelatihan Braindance Bagi Pendidik PAUD Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik di PAUD Al-Islah Gunung Anyar Surabaya. Pendidikan Anak Usia Dini.

Hamali, A. Y. (2017). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Caps Publishing.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar (P. B. Aksara, Ed.). Jakarta.

Hidayat, & Nurasyiah. (2017). Pengaruh Diklat (Pendidikan Dan Pelatihan) Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Bank Bpr Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6.

Ibeng, P. (2020). Pengertian Seminar. Retrieved from Pengertian Seminar

Kamil, M. (2009). Pendidikan Non Formal : Pengembangan Melalui PKBM Di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

maxmanroe.com. (n.d.). Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Workshop. Retrieved from https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/arti-workshop.html

Mulyasa, H. E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Pakpahan, E. S., Siswidiyanto, & Sukanto. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Administrasi Publik, 2.

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT. Indeks.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. , (2003).

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. , (2005).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-29
Abstract viewed = 971 times