Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Struktur Jaringan Tumbuhan dan Hewan Melalui Media Biology Quartet Card
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v5i1.401Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa pada materi struktur jaringan tumbuhan dan hewan pada siswa kelas XI SMA dengan menggunakan media Biology Quartet Card (BQC). Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Sukabumi. Instrumen penelitian mengggunakan kuesioner motivasi serta soal penguasaan konsep dengan bentuk soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi siswa sebesar 73,5 dalam mengikuti pembelajaran menggunakan BQC. Adapun untuk perolehan nilai penguasaan konsep siswa secara keseluruhan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 48,08 dan siklus dua meningkat menjadi 70,41.