Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v8i2.1201Abstract
Abstract : Results of Integrated Science learning students class VII 2 MTs. Nurul Huda Palabuhanratu is still below the KKM score (70). There needs to be an effort to improve student learning outcomes, one of which is the peer tutor method. This classroom0action0research0aims0to0determine the0increase0in motivation and cognitive learning outcomes of class VII 2 MTs students. Nurul Huda Palabuhanratu by applying the peer tutor strategy. The subjects0in0this0study werw students of class VII 2 MTs.Nurul Huda Palabuhanratu as many as 20 students. The data collected in the form of student learning outcomes, questionnaire results, and teacher observations. The research was conducted in one cycle with two meetings with the stages0of 0planning, 0implementing, 0observing0and0reflecting. 0The research was said to be successful with a value of ≥70 and a percentage of 85%. Whereas in the final test of cycle I, classical learning completeness has reached the percentage of achievement of 85%. Based on the result of the study, it was obtained that the average value of learning completeness was 79 with a score of students' motivation and response responses of 65.79% and 65%. From0these0iy0can0be concluded that action in the learning process with peer tutors can increase students learning motivation an increase student cognitive learning outcomes.
Keywords: learning outcomes, peer tutoring, motivation
References
Akbar, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Pelajaran Ipa Di Kelas III B SD N Margoyasan Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Arikunto,S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
Fitrianto, M.A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR A Pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif di SMK Muhammadiyah
Salam, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Hanik, N. R & Harsono, S. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Komparasi Yang Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol 7, No.2
Hidayani, R.W. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar PPKN Siswa Kelas V SD Negeri Dabin Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas Negeri Semarang. Skripsi.
Mahsup1, I.S, Ibrahim, Sintayana Muhardini, Nurjannah, dan Eka Fitriani. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index. php/jurnalkependidikan/index November 2020. Vol.6, No.3 e- ISSN: 2442-7667 pp.609-616 Email: jlppm@ikipmataram.ac.i
Mikran. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. [Online]. Tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ind ex.php/EPFT/article/view/2781. (6 Januari 2020).
Mujiarso, J. (2014). Peningkatan Aktivitas Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistic Pada Materi Kesebangunan Di Kelas IX B SMP Negeri 1 Samalantan. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 5. No. 1. Januari 2014: 1-10
Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Proses Belajar Melalui Bimbingan Aspek Afektif, Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Meda. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Medan
Puspitasari, Retno dan Susanti, Nur Aini (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Teknik Dalam Pengajaran Remedial Melalui Model Pembelajran Tutor Sebaya. JPTPM. Voleme 10 Nomor 02 Tahun 2021, 1-10. S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Rahayu, I.A. (2020). Profil Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Menggunakan Asessmen E-Portofolio Berbantuan
EdmodoPada Praktikum Ekosistem Di Kelas X SMA. Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyyah Sukabumi. Sukabumi
Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematikan dan IPA Vol.9 No. 2 Juli 2018:1-11.
Sujiati, Siti. (2020). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Di SMPN 1 Kayangan. Jurnal Paedagogy Volume 7 Nomor 1 Edisi Januari 2020 Fakultas Ilmu Pendidikan & Psikologi UNDIKMA.
Suprijadi, Didi. (2010). Pengaruh TutoR Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ssiwa kelas VII SMP Daarussalaam Jakarta. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta Vol.3 No.2 Juni 2010. Program Studi Pendidikan MatematIka Fakultas Teknik Matemetika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI.
Susanto, A. (2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana.
Susianti, Ade. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Melakukan Pekerjaan Elektromekanik Dari Bahan Logam Ssiwa SMK Kelas X Program Keahlian Ketenaglistrikan SMK Negeri 2 Pandeglang. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 6No. 1, Page: 73-80Open Access Url:http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik73http://jm.ejournal.i dMENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran ISSN (Print): 2443-1435||ISSN (Online): 2528-4290.
Werdiningsih, Dwi. (2014) Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar IPA SIswa Kelas VI SD Negeri Kaligesing Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.