Pengembangan LKS Matematika Berbasis Integrasi Islam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Authors

  • M. Z. Alfikri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ana Setiani
  • Aritsya Imswatama

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1654

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Integrasi Islam, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis integrasi Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Dari hasil tersebut didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan bahan ajar berupa LKS matematika berbasis Integrasi Islam berpengaruh terbadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

References

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dehani, S. K., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2021). Pengembangan E-LKS Ragamatika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1537–1547.

Husaien. (2014). Media Pembelajaran Edukatif SMP. Malang : Cipta Aditama Malang

Jensen, Eric. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak (edisi kedua). Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Kohar, Ahmad Wachidul. 2010. Makalah Seminar Pendidikan Matematika “Membumikan Pendidikan Nilai Melalui Integrasi Islam Dalam Pembelajaran Matematika”.FMIPA UNESA. Online ps://www.academia.edu.

Kusumawati, Heny. (2008). Matematika 5. Jakarta : Pt. Intan Pariwara Jakarta

Masykur, Moh. dan Fathali, Abdul Halim. 2009. Mathematical Intelligence Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan bidang pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

OECD. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018.

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melaluiModel Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2, 3.

Santrock, John W. 2011. Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga.

Saroni,dkk. (2011). Pendidikan Untuk Orang Miskin. Malang : Ar-Ruzz Media

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.(2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung : Kencana

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Ulvah, Afriansyah. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan. Vol. 2, No. 2, November 2016.

Downloads

Published

2022-08-01
Abstract viewed = 696 times