Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Aljabar

Authors

  • Ratna Yuaidah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Pujia Siti Balkist
  • Yanti Mulyanti

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah matematis, HOTS, Aljabar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  dalam mnyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi aljabar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan metode non probability sampling dan menggunakan pendekatan purposive sampling yang dilakukan di SMP Karya Guna 17 Bogor. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkanada sebagian siswa yang belum memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal HOTS masih tergolong rendah.

References

Astuti, N. & Adirakasiwi, A. G.(2019) Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan

Soal HOTS (Hgher Order Thinking Skills). Journal homepage:

http//journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan

pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar.

SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam

Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional

Pendidikan Matematika), 3(2), 250. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197

Irmawati, R., Rahayu, A., & Ratnasari, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan

Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills

(HOTS). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 247-257.

Kurniawan, R., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2021). Desain Instrumen Tes

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematid Berbasis Game Unity. Range: Jurnal

Pendidikan Matematika Universitas Timor, 3(1).

Magdalena, W. (2016). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Mathematics Untuk

Mendukung Pembentukan Karakter siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 1(1), 451-456.

Nafi'an, M. I., & Pradani, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill

(HOTS). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 112-118.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam

menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah

Dasar, 4(2), 257-269.

Soedjadi, R. (1999). 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi siswa

Terhadap Pelajaran Matematika. UNION.: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,

(2).

Wahyuda, R., Sari, H. P., & Fitria, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah

Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. 1, 1–10

Wahyuningrum, S., Abidin, Z., & Hasana, S. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Spldv

Kelas VIII SMP Negeri 1 Kasembon. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan

Pembelajaran, 16 (1)

Downloads

Published

2022-07-31
Abstract viewed = 119 times