Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546Keywords:
kemampuan pemecahan masalah matematis, HOTS, Aljabar, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam mnyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi aljabar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan metode non probability sampling dan menggunakan pendekatan purposive sampling yang dilakukan di SMP Karya Guna 17 Bogor. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkanada sebagian siswa yang belum memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal HOTS masih tergolong rendah.
References
Astuti, N. & Adirakasiwi, A. G.(2019) Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan
Soal HOTS (Hgher Order Thinking Skills). Journal homepage:
http//journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar.
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam
Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional
Pendidikan Matematika), 3(2), 250. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197
Irmawati, R., Rahayu, A., & Ratnasari, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills
(HOTS). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 247-257.
Kurniawan, R., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2021). Desain Instrumen Tes
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematid Berbasis Game Unity. Range: Jurnal
Pendidikan Matematika Universitas Timor, 3(1).
Magdalena, W. (2016). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Mathematics Untuk
Mendukung Pembentukan Karakter siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 1(1), 451-456.
Nafi'an, M. I., & Pradani, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill
(HOTS). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 112-118.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam
menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah
Dasar, 4(2), 257-269.
Soedjadi, R. (1999). 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi siswa
Terhadap Pelajaran Matematika. UNION.: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,
(2).
Wahyuda, R., Sari, H. P., & Fitria, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. 1, 1–10
Wahyuningrum, S., Abidin, Z., & Hasana, S. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Spldv
Kelas VIII SMP Negeri 1 Kasembon. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan
Pembelajaran, 16 (1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.