Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Muhammadiyah melalui Media Cerita Bergambar bagi Siswa di Amal Usaha Muhammadiyah Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v10i1.2841Keywords:
media pembelajaran, cerita bergambar, sejarah muhammadiyahAbstract
Penelitian Penelitian ini dilatar belakangi kurang minatnya siswa dalam pembelajaran sejarah serta media pembelajaran yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yaitu cerita bergambar sejarah muhammmadiyah dengan tokoh Hizwa dan Taci. Media tersebut diharapkan memudahkan siswa dan membuat tertatik dalam belajar sejarah Muhammadiyah. Metode dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini Model penelitian RnD meliputi 10 tahapan. Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektivitasan produk. Subjek penelitian ini yaitu SD ‘Aisyiyah Kota Sukabumi, SD Muhamamdiyah Sukaraja dan MI Muhamamdiyah 1 Lebaksiuh. Kelayakan dan kepraktisan produk ini diuji oleh ahli materi dari tokoh Muhamamdiyah dan ‘Aisyiyah dan ahli media pembelajaran sejarah, guru mata pelajaran kemuhammadiyahan dan peserta didik dengan mengguakan angket.
References
Adam, S., & T.S, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal,
(2).
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020).Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Borg, W.R. & Gall, M. D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. Longman.
Dasna, I. W. (2015). Modul: Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif, Universitas Terbuka,. (Online), (https://repository.ut.ac.id/4324/1/MPDR5203-M1.pdf).
Irfansyah, J., & Anifah, L. (2022). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 4(2).https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0402.384
Raihany, V., Widjaya, S. D., Meliya, R., & Andi, A. (2022). PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(2).
https://doi.org/10.17977/um0330v5i2p122-128
Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1).
https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Widiastika, D. N. L. L. dan I. G. (2017).Pengembangan multimedia pembelajaran tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal masyarakat flores. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(3).