Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2179Keywords:
discovery learning, matematika, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning serta peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa sekolah dasar.Model pembelajaran ini didasarkan pada prinsip bahwa siswa dapat belajar secara aktif melalui eksplorasi dan penemuan sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (penelitian Tindakan kelas) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas yang dilakukan oleh guru di dalam kelas nya sendiri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nyalindung kecamatan Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1V yang terdiri dari 7 siswa laki- laki dan 3 siswa perempuan. Pelaksanaan siklus I dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2023 dengan materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Proses pembelajaran siklus I menunjukkan peserta didik yang tuntas 64 % dengan rata-rata nilai 72. Peningkatan ini masih belum mencapai ketuntasan sehingga dilakukan siklus II. Pelaksanaan siklus II pada tanggal 12 Juni dengan rata-rata nilai 85 mencapai ketuntasan 100 %. Data hasil belajar diperoleh melalui tes evaluasi sebelum dan setelah tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Discovery Learning menunjukan peningkatan yang lebih baik dalam pemahaman konsep matematika tentang Materi Pelajaran Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri Nyalindung Tahun ajaran 2022/2023
References
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan kelas. ( PTK). Penerbit leutika Prio.
Ardianto, A. Mulyono. D, Handayani, S. (2019). Pengaruh model discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa. 1 (1), 31.37
Elly, A. S, Mandasari. N, ( 2018 ). Jurnal Pendidikan Matematika( JUDIKA EDUCATION ). 1 (2), 61– 70,
Nafisa. W, Wardono - PRISMA,(2019). Pembelajaran discovery learning berbantuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. pembelajaran discovery learning prosiding seminar nasional… - journal-unes- ac.id./sju/index..php/arti/cle/29280
Nasution. G M, ( 2018 ). Pembelajaran Matematika dalam mencapai hasil belajar. Jurnal ilmu – ilmu Pendidikann 6 ( 02 ), 112-126,
Nurbudiyani, I. (2013). pedagogic jurnal Pendidikan 8 (2), 14-20 Lecture of Economik Education, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya verified email at umpalangkaraya.ac.id Homepage
Purba, P. B. Mawati, A. T. Juliana, S. Kuswandi, IL Hulu …- (2021).- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) books. Google. Com.
Rahmayani, Amalia dan R. V, ( 2020) ). pelajaran matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak Journal on…, journal. Universitas Pahlawan – ac.id.
Rosnawati. – jnpm (2021) . perangkat pembelajaran. (jurnal nasional Pendidikan matematika) 5(2),234-246.
Saputra, O. S,Pd. (2022). 3 model pembelajaran mengaktifkan siswa belajar matematika. Home. > jurnal Edukasi < 9 (5).
Saud, A. M, Fazrin, L. A,(2022).Model pembelajaran discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Journal on Education 2 (1). 199.208.
Rusnilawati. (2021). plusminu,- jurnal Materi luas dan keliling bangun datar. Pendidikan matematika 2 (1).1-16- 2021.
Safitra, A., Azwar Usatun, D., & Lyesmaya, D. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar SiswaSekolah Dasar Negeri Dasar Negeri Pintukisi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subnag, 6 (2), 255- 264 http://doi.org/1036989/didaktik.
V6i2.129
Siagian, T. A, ( 2021 ). Ahli Pendidikan Matematika. Pendidikan Pembelajaran. Google scholar. Scholar google. Com. Citations Asisten. Bengkulu ’’ 34…. Jurnal Matematika Sekolah ( JP2MS) ( 3), 320 – 329.
Swasti. INM Hutapea. E, Suanto.(2022). penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran jurnal cendekia: jurnal .5,87-97 Wijaya, (2020). ‘’Meningkatkan Daya Tarik dan Minat Dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas 4 Tahun Pelajaran 2017/2018 JISIP ( Jurnal Ilmu Pendidikan). 3 (1).