Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran IPA di Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v8i2.1664Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Dengan 2 siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai pengetahuan mata pelajaran IPA pada kegiatan pra siklus memperoleh persentase rata-rata 37,50% dengan kategori rendah, pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 62,50% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 80,06% dengan kategori baik sedangkan aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 80% dengan kategori baik, siklus II memperoleh nilai 91% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,50% dengan kategori cukup baik, siklus II memperoleh nilai 80,60% dengan kategori baik. Data tersebut menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV di Sukabumi
References
Dewana, A. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD.
Mujtahidin. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4 (2), 9-16.
Rahma, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. 2017. Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMNAS PS2DMP UML, 3 (1).
Sani, Berlin, Imas Kurniasih. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: kata Pena.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.