Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Melalui Perangkat Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v3i2.787Keywords:
realistic mathematics education, motivasi belajar, perangkat pembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education melalui perangkat pembelajaran seperti RPP dan LKS yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME melalui perangkat pembelajaran seperti RPP dan LKS dapat meningatkan motivasi belajar matematika siswa. LKS yang dibuat relavan dengan kehidupan nyata dari masalah kontekstual pada LKS dilengkapi dengan gambar-gambar, sehingga membantu siswa memahami apa yang mereka temui. Melalui kegiatan mendiskusikan dan membandingkan jawaban, siswa dilatih berbicara, bertanya serta berdiskusi mengenai materi agar membuat siswa berkembang. Dan melalui kegiatan mempresentasikan hasil diskusi, siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga mereka memiliki motivasi serta semangat dalam belajar matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.