Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis RME Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v3i2.786Keywords:
Kata Kunci : RME, bahan ajar matematika berbasis RME, kemampuan komunikasi dan penalaran matematis., RME, bahan ajar matematika, kemampuan komunikasi, penalaran matematisAbstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis di Indonesia tergolong rendah.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bahan ajar matematika berbasis RME terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa. Bahan ajar dibuat dengan menggunakan soal kontekstual dalam memperkenalkan konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematika, hal ini disebabkan karena dalam bahan ajar tersebut dapat (1) memfasislitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan meraka, (2) memahamai masalah kontekstual (3) menyelesaikan masalah kontekstual 4) mendiskusikan penyelesaian masalah 5) membuat kesimpulan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.