Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v3i2.781Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan bahan ajar berbentuk Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LKS berbasi RME diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dikarenakan dalam LKS berbasis RME tersebut. (1) memfasilitasi atau mendukung siswa dalam pembelajaran matematika yaitu menemukan dan mengkontruksi pengetahuan siswa. (2) berisikan soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau kehidupan nyata yang diberikan kepada siswa. (3) siswa menjadi termotivasi dalam pembelajaran matematika karena menggunakan permasalahan dikehidupan sehari-hari, dilatih serta diikut sertakan untuk menemukan konsep-konsep matematika secara terbimbing. (4) mengubah pandangan siswa terhadap matematika yang dinilai abstrak menjadi menarik danĀ mudah dipahami.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.