Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Ditinjau Dari Kecemasan Matematika

Authors

  • Sri Mulyani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3137

Keywords:

Kemampuan Literasi Numerasi, Kecemasan Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa SMP ditinjau dari kecemasan matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sagaranten yang diambil sebanyak 9 orang menggunakan teknik purposive sampling yang mewakili setiap kategori kecemasan matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian, subjek dengan kategori kecemasan rendah belum mampu menyelesaikan indikator pertama (kemampuan menggunakan berbagai angka dan symbol terkait dengan operasi pada bentuk aljabar), indikator kedua (kemampuan menganalisis informasi dari grafik, tabel, diagram dan bagan) dan indikator ketiga (kemampuan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan). Subjek dengan kategori kecemasan sedang mampu menyelesaikan indikator ketiga saja (kemampuan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil Keputusan). Subjek dengan kategori kecemasan tinggi belum mampu menyelesaikan indikator pertama (kemampuan menggunakan berbagai angka dan symbol terkait dengan operasi pada bentuk aljabar), indikator kedua (kemampuan menganalisis informasi dari grafik, tabel, diagram dan bagan) dan indikator ketiga (kemampuan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan).

References

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Apipatunnisa, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2022). Eksplorasi Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Dengan Pemodelan Rasch. Journal of Elementary Education, 05(4), 668–680.

Azainil, Muhtadin, A., & Tahir, M. U. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Insan Cendikia Sangatta. Prosiding Mahasendika III, 298–307.

Bela, S., & Marlina, R. (2024). Proses Berpikir Konseptual Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Kecemasan Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 7(2), 421–434. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.17409

Kemendikbudristek. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf

Kemendikbudristek. (2023). Perilisan Hasil PISA 2022. https://www.youtube.com/live/2d91H96NfMw?si=fihwxUFZdq9H3O7V

Rohmah, M. N., & Aviory, K. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Pada Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. DELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(2), 151–162.

Salsabila, Y., Fatah, A., & Jaenudin, J. (2023). Hubungan antara Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP di Kecamatan Curug. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 42–54. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1789

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3, 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Setiani, A. (2016). Mengurangi Kecemasan Matematis dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Dengan Pendekatan PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 6(2), 1–11.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan Ke-19). Alfabeta.

Downloads

Published

2025-01-03
Abstract viewed = 0 times