Hubungan Motivasi Belajar dengan Kesalahan Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Statistika Pendidikan Menurut Teori Newman

Authors

  • Nur'aini Muhassanah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Ambar Winarni Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Afifah Hayati Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3105

Keywords:

Motivasi Belajar, Teori Newman, Kesalahan Mahasiswa, Statistika

Abstract

Motivasi belajar mahasiswa mempengaruhi hasil prestasi belajar, dimana hasil prestasi belajar berdasarkan kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengnalisis hubungan motivasi belajar dengan kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa pada mata kuliah Statistika Pendidikan berdasarkan teori Newman. Untuk mencapai tujuan tersebut pendekatan penelitian deskriptif kualitatif – kuantitatif digunakan pada penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester genap program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Statistik Pendidikan yang berjumlah 17 mahasiswa. Hasil penelitian, yaitu 1. Mahasiswa terbagi dalam tiga kriteria motivasi belajar, yaitu cukup baik, baik dan sangat baik; 2. Adanya hubungan yang cukup kuat antara hasil prestasi belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Pendidikan dengan nilai koefisien korelasinya yaitu 0,567; 3. Kriteria motivasi belajar mahasiswa yang banyak melakukan kesalahan masuk pada kriteria cukup baik sebanyak 47.06% masuk kategori tinggi. Sedangkan kesalahan yang paling sedikit dilakukan adalah mahasiswa dengan kriteria motivasi belajar sangat baik sebanyak 15.69% atau kategori rendah. 4. Untuk kesalahan yang paling banyak dilakukan untuk semua kriteria motivasi belajar adalah kesalahan proses (proces skill) masuk kategori cukup tinggi. Sedangkan aspek kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh ketiga kriteria motivasi belajar adalah kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding) masuk kategori sangat rendah

References

Andrianingsih, Vivi, Sahrul Sahrul, Eddi Indro Asmoro, and Samsudin Samsudin, ‘Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistik Pada Prodi Teknik Informasi Di Universitas X Nusa Tenggara Barat’, Jurnal Pendidikan Matematika, 1.4 (2024), 6 <https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.852>

Aprilianti, Ika, Lestariningsih Lestariningsih, and Moch Lutfianto, ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma’, Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 9.2 (2024), 9–17 <https://doi.org/10.51836/je.v9i2.622>

Fitrah, Muh, ‘Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp’, Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2.1 (2017), 51–70 <https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70>

Hudojo, H, Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika (Malang: Universitas Negeri Malang Press, 2005)

Oktaviana, Dwi, ‘Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit’, Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5.2 (2018), 22 <https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719>

Prapita, Dewi;, Risma; Simamora, and SIlvia Fitriani, ‘PHI : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No.1 Tahun 2017’, PHI : Jurnal Pendidikan Matematika, 1.1 (2017), 44–54

Putra, Dharma Bagus Pratama, Indana Lazulfa, and Iftitaahul Mufaarihah, ‘Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Teknik Informatika Dalam Menyelesaikan Soal Statistika’, MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3.2 (2018), 143 <https://doi.org/10.30651/must.v3i2.1876>

Soleha, and Muslimin Tendri, ‘Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika’, Jurnal Pendidikan MIPA, 1.1 (2010), 20–21

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016)

———, Metode Penelitian Manajemen (Bandung: Alfabeta, 2015)

Wijaya, Ariyadi, Heri Retnawati, Wahyu Setyaningrum, and Sugiman, ‘Diagnosing Students ’ Learning Difficulties in the E Yes’, Journal on Mathematics Education, 10.3 (2019), 357–64

Wulandari, Eka Andriani, Ervin Azhar, and Hella Jusra, ‘Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Kelas VII’, Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01 (2018), 397–405 <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2663>

Yuniarti, Ratna, ‘Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif’, Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 8.1 (2022), 1–10 <https://doi.org/10.52166/ujmc.v8i1.2829>

Downloads

Published

2025-01-03
Abstract viewed = 0 times