Analisis Faktor Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal Limit Fungsi Aljabar Di Kelas XI MA Yaspi At-tahsiniyyah
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v7i1.2132Keywords:
errors in working on problems, limit algebraic functionAbstract
Dalam pembelajaran di sekolah, ada beberapa materi yang dapat dianggap sulit oleh siswa, di antaranya adalah batas materi fungsi aljabar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi difikultes siswa dalam mengerjakan soal limit fungsi aljabar berdasarkan kesalahan sesuai kriteria Watson. Jenis reserch ini menggunakan studi kasus dengan desain reserch kualitatif yang menggunakan subjek siswa yang terdiri dari 3 siswa os kelas XI MA Yaspi At-tahsiniyyah. Ketiga siswa diambil berdasarkan hasil soal dengan jumlah tertinggi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi awal, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan siswa yang memiliki kesalahan dalam 6 indikator kesalahan sesuai kriteria Watson. Di antara kesalahan ini termasuk 1) data yang tidak tepat (Ide), 2) prosedur yang tidak tepat (Ip), 3) data yang hilang (Od)), 4) kesimpulan yang hilang (Oc), 5) manipulasi tidak langsung (Um), dan 6) masalah hierarki keterampilan (Shp).
Kata kunci: kesalahan dalam mengerjakan soal, membatasi fungsi aljabar
References
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Hidayatus, S. (2021). Analisis Kesalahan Kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variable Pada Pembelajaran Daring. IAIN Kediri.
Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1368
Indriyani, F., Nurcahyono, N. A., & Nur, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkah Ideal Problrm Solving. PYTHAGORAS, 7(2), 56–67.
Lubis, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks. Eunoia: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 53–65.
Nanda, R. D. (2019). Penerapan Permainan Balok Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak di TK Dharma Wanita Korpri Bandar Lampung.
Permana, N. N., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, II(1), 20–26. http://202.0.92.5/saintek/jpm/article/view/2077
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rohmah, N. (2019). Pengawasan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 31–53.
Sari, N. P. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Diik Kelas X SMA YP Unila Bandar Lamp.
Simatupang, Eka Rita ; Ritonga, Tamin ; Siregar, E. Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sirandorung. Jurnal MathEdu (Mathematics Education Journal), 5(2), 123–131.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono (ed.)). Alfabeta.
Uno, Hamzah ; Mohamad, N. (2017). Belajar dengan pendekatan PAILKEM : pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menarik. Sinar Grafika Offset.
Yuntiaji, D. A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika Berdasarkan Ideal Problem Solving Pada Materi Limit Fungsi. Majamath, 2(2), 102–113.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.