Analysis of Mathematical Creative Thinking Skills of Students of SMK N 1 Sungai penuh City

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v8i1.1853

Keywords:

creative thinking skills, eksponen

Abstract

tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi eksponen yang diujikan kepada siswa kelas x mulitimedia SMK Negeri 1 kota sungai penuh. Jenis penelitian ini  menggunakan penitian studi kasus dengan pendekatan  kualitatif. Peneliti  menggunakan  jenis  studi  kasus  untuk  mengeksplorasi  secara  mendalam  dan mndetail  terkait  dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode tes tertulis yang mana peneliti  akan  memberikan  tes  tertulis.hasil penelitian bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa X SMK N 1 Sungai Penuh sudah cukup Kreatif bisa dilihat dari hasil analisis 

References

Adiwijayanti, D. R., Yusmin, E., & Astuti, D. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Analogi Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7. https://jurnal.untan.ac.id

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.

Alfiyah. 2011.Penggunaan Metode Penilitian Kuantitatif dan Kualitatif. Diakses Https://alfiyah90.wordpress.com/2011/08/27/penggunaan-metode- penelitian-kuantitatif-dan-kualitatif/. Pada tanggal 05 September 2022

Alsa, Asmdi, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta kombinasinya dalam penelitian psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Creswell, Jhon W. 2012. Reseach Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial, 2009, Jakarta: PenerbitErlangga Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru, 2001),h.62

Ika Pratiwi, Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas Iv Mi Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/je.455.2064

Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066

Rohayu, Deni Adi Putra, & Kunti Dian Ayu Afiani. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Inventa, 5(1), 30–46. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2623

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Belief Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275–288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755

Satrio Ardiansyah, A., Junaedi, I., Asikin, M., Matematika, J., & Negeri Semarang, U. (2012). Bidang Kajian : Pendidikan Matematika Jenis Artikel : Hasil Penelitian EKSPLORASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SETTING PROBLEM BASED LEARNING. 478–489.

Setya Putri, I. W., Hussen, S., & Adawiyah, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah Kesebangunan di SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, 4(3), 59. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6310 19

Downloads

Published

2024-07-31
Abstract viewed = 11 times