Analysis of Mathematical Creative Thinking Skills of Students of SMK N 1 Sungai penuh City
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v8i1.1853Keywords:
creative thinking skills, eksponenAbstract
tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi eksponen yang diujikan kepada siswa kelas x mulitimedia SMK Negeri 1 kota sungai penuh. Jenis penelitian ini menggunakan penitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan jenis studi kasus untuk mengeksplorasi secara mendalam dan mndetail terkait dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode tes tertulis yang mana peneliti akan memberikan tes tertulis.hasil penelitian bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa X SMK N 1 Sungai Penuh sudah cukup Kreatif bisa dilihat dari hasil analisis
References
Adiwijayanti, D. R., Yusmin, E., & Astuti, D. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Analogi Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7. https://jurnal.untan.ac.id
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Alfiyah. 2011.Penggunaan Metode Penilitian Kuantitatif dan Kualitatif. Diakses Https://alfiyah90.wordpress.com/2011/08/27/penggunaan-metode- penelitian-kuantitatif-dan-kualitatif/. Pada tanggal 05 September 2022
Alsa, Asmdi, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta kombinasinya dalam penelitian psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Creswell, Jhon W. 2012. Reseach Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial, 2009, Jakarta: PenerbitErlangga Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru, 2001),h.62
Ika Pratiwi, Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas Iv Mi Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/je.455.2064
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066
Rohayu, Deni Adi Putra, & Kunti Dian Ayu Afiani. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Inventa, 5(1), 30–46. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2623
Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Belief Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275–288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755
Satrio Ardiansyah, A., Junaedi, I., Asikin, M., Matematika, J., & Negeri Semarang, U. (2012). Bidang Kajian : Pendidikan Matematika Jenis Artikel : Hasil Penelitian EKSPLORASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SETTING PROBLEM BASED LEARNING. 478–489.
Setya Putri, I. W., Hussen, S., & Adawiyah, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah Kesebangunan di SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, 4(3), 59. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6310 19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.