SISTEM OPERASI MATEMATIKA DALAM KEBUDAYAN MASYARAKAT SRAGEN JAWA TENGAH

Authors

  • Dedy Yusuf Aditya Universitas Indraprasta PGRI
  • Ai Solihah Universitas Indraprasta PGRI
  • Asep Saefullah Kamali STKIP Syekh Manshur

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1556

Keywords:

Operasi matematika, kebudayaan, sragen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang budaya etnomatematika yang ada dalam masyarakat Sragen Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey Esploratif dengan pendekatan kualitatif etnografi. Dalam penelitian ini hanya mengkaji variabel tunggal yaitu etnomatematika. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah para sesepuh dan pemangku adat yang tinggal di wilayah Sragen Jawa Tengah yang peneliti anggap memahami tentang ajaran Kejawen.  Buku tentang Ajaran kejawen. Dan Prosesi Upacara adat yang dilakukan Masyarakat Sragen Jawa Tengah. Dari hasil dan pembahasan yang telah di paparkan di atas, maka dapat disimpulakan 1) Masyarakat Sragen Jawa Tengah telah mengenal operasi hitung dalam tatanan 2) Terdapat berbagai sistem hitung yang diterapkan dalam kebudayaan ilmu pitung. 3) System perhitungan matematis yang digunakan dalam operasi pitungan Jawa adalah penjumlahan, pengurangan, pembagian dan sisa bagi. 4) Ilmu pitungan Jawa bukanlah ilmu klenik namun sama seperti ilmu statistika untuk menentukan peluang dan untuk memprediksi sebuah kejadian

References

Ningrum, A. P. &. Widayati. 2013. “Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Padamateri Bilangan Bulat Berdasarkan Kemampuan Matematika.” Empathy Jurnal Fakultas Psikologi 2(1).

Purwadi. 2005. Petungan Jawa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Rachmawati, D. 2015. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Cinta Budaya Lokal Siswa SMP Kelas VII.” UIN Suanan Kalijaga.

Rakhmawati M, Rosida. 2016. “Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung.” Jurnal Pendidikan Matematika 7(2):221–30.

Supardi, U. S. 2015. “Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Interaksi Tes Formatif Uraian Dan Kecerdasan Emosional.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2).

Supriatna, A; Nurcahyono, N. A. 2017. “Etnomatematika : Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tahapan- Tahapan Kegiatan Bercocok Tanam.” Seminar Nasional Pendidikan 26–32.

Tjokrodiningrat. 1977. Kitab Primbon Betal Jemur Anammakna. Yogyakarta: Suemodijojo Mahadewa.

Wijaya, Hadi. 2010. Tokoh-Tokoh Kejawen Ajaran Dan Pengaruhnya. Yogyakarta: EULE.

Yuhasriati. 2012. “Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Peluang 1(1):81–87.

Yusuf, Mohammed Waziri. 2010. “Ethnomatematics (A Mathematical Game In Hausa Culture).” International Journal Of Mathematical Science Education Technomethematics Research Foundation.

Downloads

Published

2022-02-01
Abstract viewed = 355 times