KETUPAT MAKANAN TRADISIONAL BETAWI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1415Keywords:
ketupat, pembelajaran matematika, etnomatikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep konsep matematika pada makanan tradisional Indonesia khususnya ketupat betawi.pada Metode dalam penelitian ini adalah secara survey kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini adalah makanan tradisional betawi yaitu ketupat bentuk bawang dan ketupat jawa terdapat unsur geometri datar, yaitu segitiga, persegi panjang, layang-layang dan belah ketupat. Selain itu terdapat pula unsur bangun ruang yaitu prisma. Etnomatematika yang dimiliki tiap-tiap daerah memiliki hubungan dengan konsep-konsep matematika yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar maupun menengah. Matematika dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan.
References
As'ari, A., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas
VIISemester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Dwi, A. A., & Farabi, Z. A. (2017, Oktober 3). Detik food. Dipetik November 10, 2020, dari
Detik.com:https://food.detik.com/infografis/d-3668651/mengenal-bentuk-bentuk-
ketupat-tradisional-indonesia
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Hotima, H., & Hariastuti, R. M. (2021). Ketupat Desa Alasmalang Banyuwangi: Menggali Matematika Dalam Budaya. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 16–25. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page16-25
Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.
Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.
Supriatna, A. Nurcahyono. A. N. (2017). ETNOMATEMATIKA : PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN- TAHAPAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM. Seminar Nasional Pendidikan, 26–32.
Turmudi, T. (2017). Apa Mengapa dan Bagaimana Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Senatik 2017, 38–53.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.