KETUPAT MAKANAN TRADISIONAL BETAWI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATIKA

Authors

  • Heriyati Heriyati Universitas Indraprasta PGRI
  • Santy Handayani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1415

Keywords:

ketupat, pembelajaran matematika, etnomatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep konsep matematika pada makanan tradisional Indonesia  khususnya  ketupat betawi.pada Metode dalam penelitian ini adalah secara survey kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini adalah  makanan tradisional betawi  yaitu ketupat bentuk bawang dan ketupat jawa  terdapat unsur geometri datar, yaitu segitiga, persegi panjang, layang-layang dan  belah ketupat. Selain itu terdapat pula unsur bangun ruang yaitu prisma.  Etnomatematika yang dimiliki tiap-tiap daerah memiliki hubungan dengan konsep-konsep matematika yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar maupun menengah. Matematika dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan.

References

As'ari, A., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas

VIISemester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Dwi, A. A., & Farabi, Z. A. (2017, Oktober 3). Detik food. Dipetik November 10, 2020, dari

Detik.com:https://food.detik.com/infografis/d-3668651/mengenal-bentuk-bentuk-

ketupat-tradisional-indonesia

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Hotima, H., & Hariastuti, R. M. (2021). Ketupat Desa Alasmalang Banyuwangi: Menggali Matematika Dalam Budaya. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 16–25. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page16-25

Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.

Supriatna, A. Nurcahyono. A. N. (2017). ETNOMATEMATIKA : PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN- TAHAPAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM. Seminar Nasional Pendidikan, 26–32.

Turmudi, T. (2017). Apa Mengapa dan Bagaimana Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Senatik 2017, 38–53.

Downloads

Published

2022-02-01
Abstract viewed = 3205 times