PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI KARAKTER ISLAMI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTS
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1406Keywords:
Learning Media, Problem Based Learning, Islamic CharacterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terintegrasi karakter islami pada materi aritmatika sosial kelas VII yang teruji valid. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes berupa angket. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahap yang digunakan, 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development)), 4) Evaluasi (Evaluation). Hasil analisis validasi untuk penelitian oleh tiga validator diperoleh rata-rata validasi per-RPP dari setiap validator sebesar 100% untuk aspek identitas mata pelajaran dan komponen RPP menggunakan skala Guttman dan 86,81% untuk aspek indikator dan perumusan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, model pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan bahasa menggunakan skala likert yang keduanya dengan kriteria “sangat valid”. Rata-rata validasi per-LKPD dari setiap validator sebesar 91,67% untuk aspek kelengkapan format LKPD menggunakan skala Guttman dengan kriteria “sangat valid” dan 73,56% untuk aspek kelayakan isi LKPD dan kelayakan penyajian menggunakan skala likert dengan kriteria “valid”. Dari hasil penelitian diperoleh pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terintegrasi karakter islami pada materi aritmatika sosial kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru telah teruji kevalidannya
References
Aholongan, A., Suripah, S., Amelia, S., & Yolanda, F. (2021). Minat Peserta Didik Terhadap Penggunaan Software Algebrator Sebagai Media dalam Proses Pembelajaran Daring pada Materi Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1834–1841.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73.
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293-302.
Arifprabowo, T., & Musfiqon. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa Developing Problem-Based Learning Instructional Kits Oriented to Creative Thinking and the Initiation of the Students. 12(1), 1–11.
Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Chanifah, N., & Abu, S. (2019). Pendidikan Karakter Islami: Karakter Ulul Albab Didalam Al-Qur’an. Jawa Tengah: Pena Persada.
Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7–11. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855
Elmiwati, Kartini, & Zulkarnain. (2020). Improvement of Mathematical Problem Solving Ability of High School Students through Problem Based Learning. Journal of Educational Sciences, 4(3), 584–593. https://doi.org/10.31258/jes.4.3.p.584-593
Fadila, Rahayu, W. I., & Saputra, M. H. K. (2020). Penerapan Metode Naive Bayes dan Skala Likert Pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Fajarini, A. (2018). Membongkar Rahasia Pengembangan Bahan Ajar IPS. Jember: Gema Press.
Herlina, S., Zetriuslita, Suripah, Istokomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPDdalamPembelajaran MatematikaTerintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34.
Kemendikbud. (2017). Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Khasanah, B. A., & Abi, F. (2018). Pengembangan Lkpd Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. JURNAL E-DuMath, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.26638/je.734.2064
Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251
Novarina, Eka, Nurcahyono. N.A. (2020). Teaching Materials Development Based On Project Of Mathematics Instructional Media. International Seminar Education. 457-465.
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementaasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.
Rafiqoh, S. (2020). Arah kecenderungan dan isu dalam pembelajaran matematika sesuai pembelajaran abad 21 untuk menghadapi revolusi 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73.
Rahmiati dan Didi Pianda. (2018). Strategi & Implementasi Pembelajaran Matematika di Depan Kelas. CV Jejak (Jejak Publisher).
Rinaldi, E., & Ekasatya, A. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326
Sagala, S. (2017). Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: PT Kharisma Putra Mandiri.
Sari, R. P., & Mauliza. (2020). Panduan Penilaian Kinerja Praktikum Kimia. Jawa Tengah: Lakeisha.
Sarkadi. (2020). Tahapan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana.
Sulistyani, N., & Heri, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di Smp Dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7334
Syafril, & Zelhendri, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.