PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326Keywords:
Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematikaAbstract
Siswa kurang tertarik pada mata pelajaran matematika mengakibatkan siswa menjadi sulit untuk menerima materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru yang penyampaiannya hanya dengan metode ceramah. Karna itu para siswa kurang memahami materi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya alat peraga yang dapat membuat siswa bisa mengilustrasikan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas alat peraga papan aljabar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil uji validitas oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 83,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga papan aljabar valid dan dapat memfasilitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.
References
Anita, Fidi Dwi, Pujia Siti Balkist, and Novi Andri Nurcahyono. 2022. “Kartu Uno Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP.” 06(01):484–93.
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Rosda Karya
Husaien. (2014). Media Pembelajaran Edukatif SMP. Malang : Cipta Aditama Malang
Hutagaol, dkk. 2019. Penerapan Multimetode Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. J-Pimat. 1(1): 49-56
Kochhar.S.K. (2008).Teaching of history. Yogyakarta : Grasindo
Kusumawati Heny. (2008). Matematika 5. Jakarta : Pt. Intan Pariwara Jakarta
Saroni,dkk. (2011). Pendidikan Untuk Orang Miskin. Malang : Ar-Ruzz Media
Sri Rejeki. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Vox Edukasi, 7(2):111-125
Sudjana nana. (2009). Dasar – Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algenesido Bandung
Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A.(2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung : Kencana
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.