PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Authors

  • N. Alifa Maulida Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Yanti Mulyanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326

Keywords:

Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Siswa kurang tertarik pada mata pelajaran matematika mengakibatkan siswa menjadi sulit untuk menerima materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru yang penyampaiannya hanya dengan metode ceramah. Karna itu para siswa kurang memahami materi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya alat peraga yang dapat membuat siswa bisa mengilustrasikan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas alat peraga papan aljabar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil uji validitas oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 83,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga papan aljabar valid dan dapat memfasilitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

References

Anita, Fidi Dwi, Pujia Siti Balkist, and Novi Andri Nurcahyono. 2022. “Kartu Uno Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP.” 06(01):484–93.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Rosda Karya

Husaien. (2014). Media Pembelajaran Edukatif SMP. Malang : Cipta Aditama Malang

Hutagaol, dkk. 2019. Penerapan Multimetode Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. J-Pimat. 1(1): 49-56

Kochhar.S.K. (2008).Teaching of history. Yogyakarta : Grasindo

Kusumawati Heny. (2008). Matematika 5. Jakarta : Pt. Intan Pariwara Jakarta

Saroni,dkk. (2011). Pendidikan Untuk Orang Miskin. Malang : Ar-Ruzz Media

Sri Rejeki. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Vox Edukasi, 7(2):111-125

Sudjana nana. (2009). Dasar – Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algenesido Bandung

Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.(2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung : Kencana

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-02-01
Abstract viewed = 2634 times