PENGARUH RESPONS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Armia Armia Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura
  • J. S. Molle Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura
  • H. Tamalene Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1269

Keywords:

Problem solving skills, Creative Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh respons siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 15 Ambon. Desain dalam penelitian ini  adalah Causal Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Ambon. Adapun yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah siswa adalah  29 siswa, dipilih menggunakan purposive sampling (sampel tujuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan angket respons siswa. Dari hasil analisis dengan menggunakan statistik regresi linear sederhana, menunjukan bahwa terdapat pengaruh respons siswa pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 15 Ambon.

References

Fauzan, A. (2016). Modul I Evaluasi Pembelajaran Matematika Pemecahan Masalah Matematis. Evaluasimatematika.net: Universitas Negeri Padang.

Fauziah, A. (2017). Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas RPL B SMK Negeri 1 Cimahi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi Vol. 4, No. 2, 2017.

Hamza, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Muhsetyo, G. (2010). Modul Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurcahyono, N.A., Suryadi, D., Novarina, E., & Prabawanto, S. (2019). Complications of Students in Eliciting Mathematical Imagination. Proceedings of 2019 The World Symposium on Software Engineering. September 20-23, Wuhan China.

Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), Vol. 6, No. 2, 121.

Rahayu, D. V. & Ekasatya, A. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5 No. 1.

Ratumanan. T. G. (2015). Belajar dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Unesa University Press.

Risnawati, A. (2016). Pengaruh Problem Soving dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 1.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creating Problem Solving (CPS) Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1.

Yuda, P. P. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Serta Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana Vol. 6 No. 1.

Downloads

Published

2021-07-31
Abstract viewed = 296 times