ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1253Keywords:
Kesulitan belajar matematika, Himpunan, Motivasi, Pembelajaran dalam jaringan (daring)Abstract
Pada pembelajaran secara daring terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal matematika, khususnya pada materi himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan berdasarkan motivasi. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dan desain penelitian kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa kelas VII pada salah satu Mts di Kota Sukabumi dan setiap siswa mewakili dari masing-masing kategori motivasi belajar, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket, tes serta wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) Siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal nomor 1, dimana siswa sulit dalam membedakan simbol irisan dan gabungan pada materi himpunan, serta siswa tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya. Sehingga hasil akhir yang didapat tidak sesuai dengan infomasi pada soal nomor 2, 2) Siswa dengan kategori motivasi belajar sedang mengalami kesulitan melakukan operasi bilangan, dimana hasil akhir yang diberikan siswa salah tidak sesuai dengan informasi yang pada soal dan sulit membedakan simbol pada materi himpunan, 3) Siswa dengan kategori motivasi belajar rendah mengalami kesulitan dalam memahami konsep,dimana siswa hanya menuliskan angka-angka pada soal nomor 1 dan 2. Siswa dengan kategori rendah juga kesulitan melakukan operasi bilangan, kesulitan menyelesaikan soal cerita dan kesulitan membedakan simbol matematika.
References
A.H Sadikin, A. (n.d.). Pembelajaran Daring di Tengan Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Andriati, S., Nugraheni, P., Yuzianah, D., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (2019). Masalah Himpunan. 7–12.
Annisah, S., & Masfi, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. 1, 61–70.
Aryani, F. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi, 1–109. file:///C:/Users/USER/Downloads/Skripsi_Farida Aryani_13513241038.pdf
Hadiprasetyo, K. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Darurat COVID-19 Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Tahun Ajaran 2019/2020.
Hayati, N. (n.d.). Metode Pembelajaran Daring/E-learning yang Efektif. Retrieved June 5, 2021, from https://www.researchgate.net/publication/340478043_METODE_PEMBELAJARAN_DARINGELEARNING_YANG_EFEKTIF_A_Pendahuluan_Sejarah_Elearning
Kemendikbud. (2020). Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. https://covid19.go.id/p/berita/kemendikbud-terbitkankurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Oktava, M. A. (2018). Motivasi belajar matematika pada siswa SMP kelas VIII. Skripsi. https://doi.org/10.3109/08830185.2014.902452
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Uno, H. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.