PENERAPAN APLIKASI EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Authors

  • Ari Septian Universitas Suryakancana
  • Sarah Inayah Universitas Suryakancana
  • Desti Aryanti Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1166

Keywords:

Edmodo, Covid 19, Pemahaman Matematis

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan ketika adanya musibah yang menggemparkan dunia dengan adanya virus yang menular, yaitu Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Aplikasi Edmodo terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah Pre-Experimental Design atau desain eksperimen yang belum sungguh-sungguh dengan desain penelitian The One Group Pretest - Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciranjang tahun ajaran 2020-2021. Dengan melibatkan sampel sebanyak 24 orang yang berasal dari satu kelas yaitu XI MIPA 2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

References

Anggraeni (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif. Tesis PPs UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Efendi, A., Munfadlila, A. W., & Zainudin, M. (2018). Improving of Nursing Student Learning Achievements in Islamic Religion Subject Using Cooeperative Methods Team Assisted Individuality ( Tai ) Model at School of Health Bina Sehat PPNI Mojokerto. International Journal Of Nursing And Midwifery Science (Ijnms), 2 (3), 222-227.

Emzir . (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif da Kualitatif (1st ed.,p.280). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Hendriana, H. 2014. Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19 (1): 52-60.

Hutagalung , R. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka . MES. Journal of Mathematics Education and Science , 2 (2).

Mujab , Muhamad Saiful ,2011. Implemetasi Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Siswa SMA untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Skripsi. Universitas Semarang. [ online ]. Tersedia :http://lib.unnes.ac.id/10647/1/6569.

Mustamid, D. H. 2015. Pengaruh Efektivitas Multimedia Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajara Siswa Pada Materi Fungsi Komposis dan Invers . Jurnal EduMa , 4 (1), 26-42.

Nurcahyono, N.A., Suryadi, D., Novarina, E., & Prabawanto, S. (2019). Complications of Students in Eliciting Mathematical Imagination. Proceedings of 2019 The World Symposium on Software Engineering. September 20-23, Wuhan China.

Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), Vol. 6, No. 2, 121.

Septian, Ramadhanty, Darhim, Prabawanto (2021). Mathematical Problem Solving Ability And Student Interest In Learning Using Google Classroom.

Septian, Ramadhanty (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Volume 4, Nomor 1, Mei 2020, pp. 56 – 63 p-ISSN: 2579-499X, e-ISSN: 2579-5007

Sumarmo, U. (2013). Bahan Ajar Perkuliahan dalam Pengajaran Matematika: Program Pascasarjana STKIP Siliwangi. Bandung: Tidak diterbitkan.

Syafizal, S. 2019. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Pendampingan Berbasis Bimbingan Individu di SDN 13 Sungai Pinang . Jurnal Manajemen Pendidikan ,3 (3),411-420.

Tsany, Septian, Komala. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self regulated learning using macromedia flash professional 8. 10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Wahyudin. 2012. Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mandiri

Downloads

Published

2021-07-31
Abstract viewed = 59 times