Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1130Keywords:
Kemampuan Berfikir Kritis, RME, Materi SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa dilihat dari bagaimana siswa menyelesaikan soal matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dalam soal uraian, siswa dapat menyelesaikan soal untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis dengan pembelajaran menggunakan pendekatan RME. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguaan pendekatan pembelajran RME diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis matematika, hal ini disebabkab karena dengan menggunakan kemampuan berfikir kritis, siswa mampu menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dengan adanya bimbingan dari guru yang dilaksankan melalui diskusi guru dengan siswa secara umum dalam menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.