Kajian Etnomatematika : Konsep Matematis Produsen Jamu Gendong Terhadap Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.1125Keywords:
Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika, Jamu Gendong.Abstract
Kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi suatu produk kesehatan tidak pernah terlepas, dari sejak jamu dulu banyak orang membutuhkannya. Salah satu yang menjadi alasan seorang produsen jamu gendong bermunculan pada saat itu. Produsen jamu gendong merupakan usaha industri rumah tangga yang menjajakan beberapa jamu dalam bentuk botolan hasil dari racikannya yang nantinya akan menghasilkan suatu campuran jamu yang diinginkan oleh penjual tersebut untuk diberikan kepada pelanggannya, dari peristiwa tersebut terdapat beberapa konsep matematis yang diberikan salah satunya Kombinasi dan Permutasi, konsep tersebut dapat dikaitan terhadap pembelajaran matematika salah satu dalam pengajian soal cerita guna memperkenalkan etnomatematika terhadap perspektif kebiasaan orang terdahulu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.