EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v1i2.1109Keywords:
Pemahaman Konsep, Inkuiri Terbimbing, MotivasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari model pembelajaran langsung yang ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 6 SMA Negeri 4 Kota Sukabumi yang berjumlah 78 siswa. Pembelajaran inkuiri yang dilakukan terdiri dari penyajian masalah, pengumpulan data verifikasi, pengumpulan data eksperimen, organisasi data dan formulasi kesimpulan, dan analisis inkuiri. Kecenderungan siswa menghafal rumus dan pembelajaran yang kurang melibatkan siswa menjadi salah satu penyebab masih rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran inkuiri melatih siswa untuk menemukan sendiri konsep matematika dan melibatkan partisipasi siswa secara optimal. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian semu (quasi eksperimental research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak berpengaruh kepada pemahaman konsep siswa dan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada model pembelajaran langsung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.