Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Segitiga Dan Segiempat

Authors

  • Muhammad Farhan Muzaky

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v1i1.1105

Keywords:

Analisis Kesalahan, Kesalahan Siswa, Faktor Penyebab Kesalahan, Materi Segitiga dan Segiempat.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa kelas VII serta faktor-faktor penyebab kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Segitiga dan Segiempat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat dilakasanakannya penelitian ini adalah di MTs Negeri Cikembar. Penelitian ini mengambil subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa dengan teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah data dianalisis kemudian divalidasi keabsahan datanya dengan menggunakan member check, yaitu meminta konfimasi siswa terhadap kesalahan yang telah dilakukan. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah jenis kesalahan konsep yang meliputi 1) kesalahan dalam menentukan rumus atau teorema sebanyak 88,9%, 2) kesalahan dalam menggunakan rumus atau teorema sebanyak 100%, dan kesalahan dalam menuliskan rumus atau definisi sebanyak 100%. Kemudian jenis kesalahan prosedural yang meliputi 1) kesalahan dalam keteraturan langkah-langkah penyelesaian soal sebanyak 100%, dan kesalahan dalam memanipulasi langkah-langkah penyelesaian masalah matematika sebanyak 83,33%. Serta jenis kesalahan dalam menggunakan operasi atau perhitungan sebanyak 100%. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan siswa adalah karena 1) siswa tidak mengerti bagaimana caranya mengerjakan soal matematika yang diberikan, 2) siswa tidak mengetahui rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal, 3) siswa tidak dapat menerapkan rumus ke dalam soal, 4) siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal matematika, 5) siswa kurang terampil dalam mencari solusi untuk menyelesaikan soal matematika, dan 6) siswa melakukan kesalahan dalam melakukan proses perhitungan.

Downloads

Published

2017-07-27
Abstract viewed = 338 times