Manajemen Pendidikan Berbasis Learning From Home Saat Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 9 Kabupaten Tangerang

Authors

  • Santani Santani SMAN 1 Serang

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.990

Keywords:

Pendidikan, Teknologi, Covid-19.

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh manajemen pendidikan yang menerapkan model pembelajaran Learning Form Home saat pandemic Covid-19 di SMA Negeri 9 Kabupaten Tangerang terhadap kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desrkriptif. Data pada penelitian ini bersumber dari guru dan siswa di SMA Negeri 9 Kabupaten Tangerang, dan berdasarkan hasil penelitian. Pengambilan data diperoleh berdasarkan hasil mengamati dan menganalisis terhadap dampak manajemen pendidikan dengan menggabungkan beberapa hasil penelitian terhadap pengaruh manajemen pendidikan berbasis Learning From Home. Hasil penelitian menemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan. Situasi pandemic Covid-19 membawa pengaruh terhadap sistem Pendidikan di Indonesia perubahan terjadi pada kegiatan belajar yang semula dilakukan tatap muka menjadi virtual atau setting online terdapat berbagai kendala yang dialami siswa maupun pendidik.

References

Adawiah Rabiatul. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Pendidikan Kewarganegaraan Vol.7 No.1.

Ahmed, S Shehata, dkk. 2020. Emerging Faculty Needs for Enhancing Student ngagement on a Virtual Platform. https://doi.org/https://doi.org/10.15 694/mep .2020.000075.1

Bao, W. 2020. Covid-19 and online teaching in higher education: Acase study of peking University.https://doi.org/10.10. 02/hbe2.191

Dewi, Wahyu. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Imu Pendidikan Vol. 2 No. 1.

Gunawan Suranti N. M. Y. dan Fathoroni. 2020. Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19. Indonesian Journal of Teacher Education: 61-70.

Kusuma J. W. DAN Hamidah. 2020. Platforn Whatshap Group dan Webinar Zoom Dalam pembelajaran jarak jauh pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 5.

Luh Devi Herliandry, dkk. 2020. Jurnal Teknologi Pendidikan: Pembelajaran Pada Masa Covid-19. Vol. 22 No. 1.

Mulyadi dkk. 2019. Adaptasi Pustakawan dalam Menghadapi Kemajuan Teknologi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 15 No. 2.

Pratiwi W Ericha. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di sebuah Peguruan Tinggi Kristen di Indonesia. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Priambodo, C.G. 2013. Faktor Exacta: Pengaruh Penetapan E-Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Efektivitas Belajar Menurut Keragaman Siswa dan Orang Tua: Studi kasus SMA LB Pangudi Luhur Jakarta. Vol. 6 No. 1.

Pujilestari Yulia. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Buletin hukum dan Keadilan Vol.14 No.1.

Purnomo, Eko, dkk. 2020. Laman Web Sebagai HWO (Home Work Online) Dalam E-Learning. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 18 No. 2.

Purwanto Agus. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemik COVID-19 Terhadap proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Vol.2 (1) ISSN.

Saifudin Fuad M. 2017. Varia Pendidikan: E-Learning dalam Presepsi. Vol. 29 No. 2.

Sun L Tang Y dkk. 2020. Corona Virus pushes education

Tirtarahardja, Umar dkk. 2018. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-12-29
Abstract viewed = 2525 times