A Model Pembelajaran Demontrasi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Praktik Shalat Berjamaah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Sukabumi

Authors

  • Emang Emang SMP 1 SUKABUMI

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v4i1.84

Keywords:

Demontrasi, Aktivitas, Praktik Sholat Berjamaah

Abstract

          Penelitian ini berjudul Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Praktik Shalat Berjamaah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, dilatar belakangi oleh masih rendahnya Nilai Ujian Praktik Sekolah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama pada Aspek Ibadah shalat berjamaah.

          Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metodologi kualitatif untuk menggambarkan aktivitas siswa/guru dan metodologi kuantitatif untuk peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yang di setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan analisis data ditemukan hal-hal sebagai berikut: (1) Model pembelajaran demonstrasi meningkatkan aktivitas di dalam merespon pembelajaran praktik shalat berjamaah dengan kategori kurang (K) pada siklus I menjadi kategori baik (B) pada siklus II,  berada di antara  40  -  59. (2). Model pembelajaran demonstrasi meningkatkan hasil belajar siswa jumlah nilai rata-rata pra tes ke pasca tes pada siklus I dan siklus II.  Hal ini terlihat dari hasil tes awal dan tes akhir pada siklus I adalah 5.85 menjadi 6.44. Dari 6.25 menjadi 7.07 pada siklus II. Dari 10.08 % pada siklus I menjadi 13.12 % pada siklus II.

Downloads

Published

2019-01-08
Abstract viewed = 190 times