Studi Komparasi Pembiasaan Akhlak Terpuji pada Taman Kanak-Kanak Aisiyah Bustanul Athfal 1 dan Taman Kanak-Kanak Aisiyah Bustanul Athfal 2 Tahun Ajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.76Keywords:
Pembiasaan, Akhlak, AnakAbstract
Abstrak: Pendidikan akhlak sebagai pendidikan yang penting untuk menanamkan nilai-nilai moral, spiritual dalam kehidupan sehari-hari dapat menumbuhkan budi pekerti, tingkah laku, dan kesusilaan yang baik untuk masa depan seseorang karena tujuan dari akhlak itu menciptakan kebiasaan yang baik, yang sesuai dengan ajaran Islam. Maka dari itu pendidikan akhlak ini harus ditanamkan sejak usia dini agar anak mempunyai akhlak yang baik dan terpuji. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan akhlak terpuji, perbedaan serta kelebihan pembiasaan akhlak terpuji di Taman Kanak-kanak Aisiyah Bustanul 1 dan Taman Kanak-kanak Aisiyah Bustanul. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei dengan teknik komparasi, adapun pemilihan subjek penelitiannya menggunakan teknik random sampling dengan menentukan kuota sebanyak 29 siswa dari masing-masing sekolah. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik dan pengujiannya menggunakan t-score. Adapun hasil dari pengujian hipotesis, observasi, dan wawancara menunjukan bahwa pembiasaan akhlak terpuji Taman Kanak-kanak Aisiyah Bustanul Athfal 1 lebih baik daripada Taman Kanak-kanak Aisiyah Bustanul Athfal 2.