Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Banyumas

Authors

  • Nur Aini Muhassanah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.745

Keywords:

Teacher Performance, Headmaster, Leadership

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dalaha untuk mengetahui: (1) kepemimpinan kepala sekolah SD di Banyumas; (2) kinerja guru SD di Banyumas; dan (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD di Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru SD di Banyumas yang berjumlah 45 guru dari 5 Sekolah Dasar (SD) kemudian diambil sampel sebanyak 25 guru yang dipilih dengan teknik area proportional random sampling .Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4alternatif jawaban, terdiri atas 100 butir. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik experts judgment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan kepala sekolah SD di Banyumas menurut sebagian guru (60%) termasuk dalam kategori tinggi dan sisanya (40%) dalam kategori sedang; kemudian (2) Kinerja guru SD di Banyumas lebih dari separuh guru (52%) dalam kategori tinggi dan sisanya (48%) dalam kategori sedang; dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 44% variansi yang terjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh kepemimpinan kepala sekolah, sedangkan 56% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Downloads

Published

2020-06-17
Abstract viewed = 990 times