Model Pembelajaran Kotamuvir Dan Pemanfaatan Mesowa untuk Meningkatkan Pemahaman Lirik Lagu Bahasa Inggris Siswa

Authors

  • Muh Khoirulhadi SMAN 4 Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.740

Keywords:

Kotamuvir, Misowa, Lirik Lagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami liriklagu bahasa Ingggris dengan implementasi model pembelajaran KOTAMUVIR dan pemanfaatan MESOWA. Penelitian ini dilaksanakan dikelas X IPA3 dengan siswa 36 dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Prosedur Penelitian yang dilaksanakan dalam Penelitian Tindakan Kelas yaitu: membuat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini tentang penerapan model pembelajaran KOTAMIVIR dan pemanfaatan MESOWA untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam memahami lirik lagu berbahasa Inggris. Model Pembelajaran KOTAMUVIR yang merupakan akronim dari Kolaborasi Tatap Muka danVirtual. MESOWA akronim dari Media Sosial WhatsApp. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus ada dua kali pertemuan pembelajaran dibagi dalam Pembelajaran Moda Tatap Muka dan Moda Virtual. Penelitian ini bisa disimpulkan sebagai berikut: 1) guru telah dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik pada kelas X IPA 3 SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dalam memahami lirik lagu bahasa Inggris dengan baik; 2) hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil uji kompetensi memamhami lirik lagu bahasa Inggris dari nilai pre-test (sebelum ada tindakan) dengan rata-rata 59 dengan prosentase ketuntasan 56 % , siklus pertama rata-rata 66 dengan persentase ketuntasan 72% dan pada siklus kedua rata-rata sebesar 76 dengan persentase ketuntasan mencapai 89%, 3) adanya peningkatan persentase antusiasme siswa yaitu 83% pada siklus pertama dan 89% pada siklus kedua; 4) guru menjadi kreatif dan inovatif karena guru mencoba mencipta model pembejaran sendiri; 5) adanya hubungan interaktif antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru baik di pembejaran moda tatap muka maupun moda virtual.

 

Downloads

Published

2020-06-17
Abstract viewed = 866 times