Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Budaya Hidup Sehat melalui Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Palembang Tahun Ajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.73Keywords:
Budaya Hidup Sehat dan PAKEMAbstract
Abstrak: Di dalam proses belajar mengajar tercakup komponen, pendekatan, dan berbagai metode pengajaran yang dikembangkan dalam proses tersebut. Upaya pengembangan strategi mengajar tersebut berlandas pada pengertian bahwa mengajar merupakan suatu bentuk upaya memberikan bimbingan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar. PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) adalah metode yang baik digunakan untuk guru memacu siswa SMP Negeri 42 Palembang berpikir yang kreatif, efektif dan aktif dalam belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada gambaran aktivitas hasil belajar siswa dengan metode PAKEM (Pembelajaran aktif, Kreatif, efektif dan menyenangkan ) di Pelajaran Budaya Hidup Sehat di kelas VIII SMP Negeri 42 Palembang.
Metode penelitian yang di gunakan, yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering disebut action research. Dimana penelitian ini akan dilakukan melalui beberapa siklus dengan harapan akan terjadi adanya peningkatan secara signifikan terhadap hasil yang akan dicapai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) dalam materi budaya hidup sehat nilai rata-rata siswa yang diperoleh pada tes awal yaitu 58,32. setelah itu dilakukan siklus I dengan nilai rata-rata 72,67 atau 33,33 %. Menindaklanjuti hasil penelitian pada siklus I, peneliti mengadakan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II. Sebagai hasil dari pelaksanaan siklus II, ternyata nilai rata-rata siswa mengalami cukup berarti. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata pencapaian nilai rata-rata 92,30 atau setelah dipersentasikan sebesar 58,26 %.