Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Quantum Learning
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.70Keywords:
PTK, quantum learning, hasil belajar, keterampilan proses sainsAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Sukabumi kelas VIIIB pada semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 7 Kota Sukabumi berjumlah 30 orang , yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya Standar Kompetensi Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan, Kompetensi Dasar mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau (fotosintesis) pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kota Sukabumi. 2) Penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sain (KPS) siswa pada mata pelajaran IPA khususnya Standar Kompetensi memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan, Kompetensi Dasar mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau (fotosintesis) pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kota Sukabumi.