Manajemen Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SMK Di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.69Keywords:
Supervisi Akademik, Kinerja Guru, kerjasama dan KomitmenAbstract
Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan seberapa jauh supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dan menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru mata pelajaran PJOK SMK di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMK N 1, SMK N 2, dan SMK Pelita Buana Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Sumber data didapat melalui dua sumber yaitu lapangan dan dokumen. Subyek penelitian ini adalah pengawas pembina, kepala sekolah, dan guru PJOK. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru PJOK, hal ini bisa diketahui dari: (1) Pelaksanaan supervisi akademik sudah sesuai dengan prosedur yaitu melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Pelaksanaan supervisi akademik mempunyai peran dalam proses pembelajaran, dengan hasil guru mampu menyusun RPP dengan benar, menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran secara baik, mampu mengaktifkan siswa melalui diskusi. (3) Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan supervisi akademik dalah berasal dari guru, pengawas, kepala sekolah, dan sarana prasarana.