Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Kelas VII A Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPN 3 Simpenan

Authors

  • Aceng Kurnia Sudrajat Program Studi Biologi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.616

Keywords:

hasil belajar, media pembelajaran tiga dimensi, sistem eksresi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif yang dimiliki oleh peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran 3 dimensi pada materi sistem ekskresi pada manusia. Metode penelitian ini menggunakan PTK menurut Kemmis Taggart ( Ekawarna,2013). Subyek penelitian ini adalah  meliputi 29 peserta didik di kelas VIII A SMPN 3 Simpenan tahun pelajaran 2018/2019. Tehnik penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini meliputi tes, lembar wawancara dan dokumentasi.Tahap penelitian ini meliputi  2 siklus dan setiap siklus ada 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dari setiap siklusnya, dimana  siklus 1 pertemuan pertama hasil pembelajaran kognitif meningkat dari 68% menjadi 71% pada pertemuan kedua,begitu juga pada siklus 2 pertemuan ketiga dari 76% menjadi 81% pada pertemuan ke empat. Dengan demikian berarti adanya peningkatan dari capaian KKM yaitu 72. Hasil wawancara juga menunjukan adanya respon positif dari peserta didik kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan

  

Downloads

Published

2020-01-14
Abstract viewed = 358 times