Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Kelas VII A Pada Materi Sistem Ekskresi di SMPN 3 Simpenan
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.616Keywords:
hasil belajar, media pembelajaran tiga dimensi, sistem eksresiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif yang dimiliki oleh peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran 3 dimensi pada materi sistem ekskresi pada manusia. Metode penelitian ini menggunakan PTK menurut Kemmis Taggart ( Ekawarna,2013). Subyek penelitian ini adalah meliputi 29 peserta didik di kelas VIII A SMPN 3 Simpenan tahun pelajaran 2018/2019. Tehnik penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini meliputi tes, lembar wawancara dan dokumentasi.Tahap penelitian ini meliputi 2 siklus dan setiap siklus ada 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dari setiap siklusnya, dimana siklus 1 pertemuan pertama hasil pembelajaran kognitif meningkat dari 68% menjadi 71% pada pertemuan kedua,begitu juga pada siklus 2 pertemuan ketiga dari 76% menjadi 81% pada pertemuan ke empat. Dengan demikian berarti adanya peningkatan dari capaian KKM yaitu 72. Hasil wawancara juga menunjukan adanya respon positif dari peserta didik kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan