Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Dengan Model NHT (Numbered Heads Together) di Kelas 8I SMPN 1 Cikidang
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.615Keywords:
Numbered Heads Together, Hasil Pembelajaran.Abstract
Abstrak: Pembelajaran IPA yang dilakukan pada kelas 8I SMPN 1 Cikidang sering menggunakan metode ceramah. Kebiasaan menggunakan metode pembelajaran tersebut berdampak pada peserta didik hasil pembelajaran yang masih banyak di bawah KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal) sebesar 75. Berdasarkan indikator masalah tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together sebagai tindakan untuk perbaikan hasil belajar dalam kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran baru menggunakan model pembelajaran kooperatif numbered-heads-together. Metode PTK yang digunakan menggunakan model spiral PTK menurut Kemmis-Taggart sebanyak 2 siklus. Berdasarkan hasil PTK didapat bahwa hasil pembelajaran peserta didik dapat dilihat dalam daftar tes akhir, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62,24, pada siklus II rata-ratanya menjadi 82,07. Aktifitas peserta didik dalam siklus I sebesar 72,4%, pada siklus II menjadi 93,1%. Jadi ada peningkatan hasil pembelajaran beserta aktifitas peserta didik, jika dibandingkan dengan pertama kali pembelajaran.
Kata Kunci: Numbered Heads Together, Hasil Pembelajaran.
Abstract: Science learning is done in class 8I of SMPN 1 Cikidang often using the lecture method. The habit of using these learning methods has an impact on students learning outcomes that are still many under the KKM (Minimum Mastery Criteria) by 75. Based on these problem indicators, the researchers use the Numbered Heads Together learning model as an action to improve learning outcomes in Classroom Action Research activities (PTK). This study aims to improve learning outcomes and determine students' responses to new learning using the numbered-heads-together cooperative learning model. The PTK method used was a PTK spiral model according to Kemmis-Taggart for 2 cycles. Based on the results of the PTK found that the learning outcomes of students can be seen in the final test list, the average value in the first cycle was 62.24, in the second cycle the average was 82.07. The activity of students in the first cycle was 72.4%, in the second cycle it became 93.1%. So there is an increase in learning outcomes and student activities, when compared with the first time learning.
Keywords: Numbered Heads Together, Learning Outcomes.