Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • rika juwita rika juwita

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.503

Keywords:

Sikap Tanggung Jawab, Metode Bercerita

Abstract

ABSTRAK

 

MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MELAKSANAKAN TUGAS SEKOLAH MELALUI METODE BERCERITA PADA

ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2

KOTA SUKABUMI

 

RIKA JUWITA

1431511008

Penelitian ini berjudul “Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada  Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2  Kota Sukabumi “ Diantara contoh sikap tanggung jawab tersebut adalah sebagian besar peserta didik ketika selesai mengerjakan tugas atau selesai bermain tidak mengembalikan barang ketempat semula karena bosan atau lelah. Kondisi ini menuntut guru untuk mengembangkan suasana belajar di dalam kelas agar tetap menyenangkan dan menciptakan lingkungan yang sesuai untuk membangun pengetahuan peserta didik sehingga akan lahir motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian satu guru dan peserta didik di kelompok B1 yang berjumlah 20 peserta didik, dan yang di teliti adalah 6 peserta didik. Berdasarkan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan bahwa kegiatan bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 dapat dikatakan sudah berhasil dan sangat berpengaruh untuk perkembangan sikap tanggung jawab peserta didik, hal itu di buktikan dengan sikap peserta didik yang mulai merapihkan dan menyelesaikan tugasnya hingga selesai.

Downloads

Published

2020-01-14
Abstract viewed = 2271 times