Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Sunda Melalui Penerapan Media Audio Visual di Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.493Keywords:
Media Audio Visual, Keterampilan Menulis Aksara Sunda, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara sunda melalui media audio visual di kelas tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Melalui 2 siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas 5D yang berjumlah 27 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai keterampilan menulis aksara sunda pada kegiatan pra siklus memperoleh persentase rata-rata 30% dengan kategori rendah, pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 78% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 100% dengan kategori sangat baik sedangkan aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 81% dengan kategori baik, siklus II memperoleh nilai 92% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 71% dengan kategori cukup baik, siklus II memperoleh nilai 80,6% dengan kategori baik. Data tersebut menunjukan bahwa penerpan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara sunda pada kelas V di SDN Cibeureum Hilir 5 tahun ajaran 2018/2019