Penerapan Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.492Keywords:
Model Group Investigation (GI), Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampaun berpikir kritis siswa melalui model Group Investigation (GI) di kelas tinggi sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) desain model Kemmis & Mc. Taggart. Partisipan dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas 5.1 di SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi tahun ajaran 2018-2019. Instrumen untuk pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari wawancara, lembar observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian pra siklus pada kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh ketuntasan klasikal 17%. Pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis memperoleh ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis memperoleh ketuntasan klasikal 83%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa.