Penerapan Model Circuit Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPS di Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.490Keywords:
Model Circuit Learning, Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model circuit learning dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dayeuhluhur CBM Sukabumi sebanyak 31 siswa Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik berupa tes berupa pretest dan postest. Sedangkan Teknik non tes berupa observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian pada pra siklus melalui tes menunjukan ketuntasan sebesar 13% . Pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 58% dan pada siklus II menunjukan ketuntasan mencapai 94%. Adapun peningkatan secara keseluruhan dengan perhitungan rumus gain diperoleh skor 0,7 tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model circuit learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif di kelas V tahun ajaran 2018/2019.