Analisis Pembelajaran IPS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Argopuro 1 Kabupaten Jember

Authors

  • Natalis Gerso Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Ibrahim H Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Agi Ma'ruf Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v10i2.3117

Keywords:

pembelajaran IPS, Kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan penerapan pembelajaran berdeferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka pada beberapa penelitian terdahulu. Hasil pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang positif baik dari segi pengajar maupun peserta didik. Oleh karena itu tujuan dari peneliti akan menganalisis proses pembelajaran IPS dengan menggunakan kurikulum merdeka yang berlangsung di SMP Argopuro 1 Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi  pembelajaran   IPS   pada   kurikulum merdeka belajar di SMP Argopuro 1 Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.  Temuan pada penelitian ini yaitu guru IPS sudah melakukan perencanaan pembelajaran dengan menyusun perangkat pembelajaran yang berlandas pada kurikulum merdeka. Kemudian guru juga melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan apa yang telah direncanakan pada perangkat pembelajaran. Akan tetapi, guru juga melakukan penyesuaian dengan karakteristik dan kondisi dilapangan. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPS di SMP Argopuro 1 Kabupaten Jember sudah baik dan sesuai dengan implmentasi kurikulum merdeka.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O.P. 2013. Model dan metode pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Alfansyur, A. & Mariyani. 2020. Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5 (2): 146-150.

Ananda, R. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ananda, R. & Fadhilaturrahmi. 2017. Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2): 12-21.

Anggila, W. 2022. Persepsi Guru Bidang Studi IPS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno.

Asrori, M. 2013. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Jurnal MADRASAH, 5 (2): 163-188.

Asrul., Ananda, R., & Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Barnawi & Darojat, D. 2018. Penelitian Fenomenologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darsono. & Karmilasari, W. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional Mata Pelajaran: Guru Kelas SD Unit IV: Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kemendikbud.

Febriawan, S. 2013. Pembelajaran IPS Terpadu: Studi Kasus di Tiga SMP Negeri Kota Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Gunawan, A. 2022. Implementasi dan Kesiapan Guru IPS Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. KOMPLEKSITAS: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasidan Bisnis, 11 (2): 20-24.

Hasbiansyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 9 (1): 163-180.

Hasim, J. 2018. Analisis Kesulitan Guru IPS dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Ibu. Geocivic Jurnal, 1 (1): 8-13.

Hilmi, M. Z. 2017. Implementasi Pendidikan IPS dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2): 164-172.

Indarta, Y., Jalinus, N., …, & Adi, N.H. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2): 3011-3024. DOI: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Kuswandi, D. 2016. Model Pembelajaran IPS yang Menggunakan Unsur-Unsur Penting Kehidupan Nyata Masyarakat sebagai Sumber Belajar. Edcomtech, 1(1): 49-58.

Jannah, E. M., & Nasiwan. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Muntilan. Sosial Studies, 6 (7): 764-772.

Maghfiroh, L. 2019. Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu pada Siswa Kelas VII di MTsN 1 Mojokerto. Skrisi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Manalu, J.B., Sitohang, P., & Henrika, N.H. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Prosiding Pendidikan Dasar, 1 (1): 80-86.

Marisa, M. 2021. Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 5 (1): 66-78. DOI: 10.36526/js.v3i2.

Marjito, E. R., Juniardi, K. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Kota Singkawang. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Nasional, 6(2): 233-241.

Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti., & Priyanto, A.S. 2022. Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5 (1): 412-417.

Miftahuddin. 2016. Revitalisasi IPS dalam Perspektif Global. Jurnal Tribakti, 27 (2): 267-284.

Nasution, W. N. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur. Jurnal Ittihad, 1 (2): 185-195.

Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1 (1): 24-44.

Nursalim. 2018. Manajemen Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Palupi, R. S. 2013. Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMK Nasional Pati. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1 (1): 70-79.

Pane, A. & Dasopang M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2): 333-352.

Pratiwi, N. I. & Lestari, P. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran IPS di Kelas Berprogram Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 31 Semarang. Sosiolium, 2 (2): 118-124.

Priyanto. 2019. Pembelajaran Abad 21: Strategi Menuju Standar Proses Pendidikan, Modal Dasar Guru dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Tangerang Selatan: Indocamp.

Purwati, D. & Nugroho, A. N. P. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 14 (1): 1-10.

Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Raco, J. R., & Tanod, R. R. 2012. Metode Fenomenologi Aplikasi pada Entrepreneurship. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2 (1): 67-78.

Rahmat, P.S. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Rahmatika, D., Muriani., & Setiawan M. 2022. Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (4): 115-121.

Rosida, W. 2018. Pengelolaan Pembelajaran IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18 (3): 249-260.

Safitri, M. 2021. Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran IPS. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Samiyarso., Samino., & Fuadi, D. 2013. Pengelolaan Pembelajaran IPS (Studi Kasus SMP Negeri 1 Wonogiri). Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Samsu. 2017. Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif. Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sari, A.P.R & Purnomo, A. 2022. Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS di SMP Sekecamatan Bumiayu. Jurnal SOSIOLIUM, 4 (1): 1-6.

Sari, D. P. P., Murtono., & Utomo, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Problem Based Learning dan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1): 1-12.

Sari, W. N., & Faizin, A. 2023. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2 (3): 954-960.

Setiana, N. 2014. Pembelajaran IPS Terintegrasi dalam Konteks Kurikulum 2013. Eduhumaniora, 6(2): 95-108.

Setyowati, R. & Fimansyah, W. 2018. Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1): 14-17.

Sitinjak, I. 2011. Pemahaman Wartawan Terhadap Kode Etik Jurnalistik (Studi Fenomenologi Pemahaman Wartawan Waspada Online Tentang Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia). Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharso, H., Suyatmini., & Supriyanto, E. 2015. Pengelolaan Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Miri Sragen. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sukoyati. & Fajriati. 2021. Evaluasi Pembelajaran sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bogor: Universitas Djuanda.

Sulistyosari, Y., Karwur, H, M., & Sultan, H. 2022. Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7 (2): 66-75.

Supriyadi. 2017. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran IPS dan PPKN dalam Kajian Perspektif Teori Belajar Kognitif. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, ke-2, 369-378.

Surahman, E. & Mukminan. 2017. Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial, 4(1): 1-13.

Suriansyah, A., Aslamiah., Sulaiman., & Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryaman, M. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susetyo. 2020. Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Syaharuddin. & Mutiani. 2020. Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Trisnawati., Bambang., & Okianna. 2014. Analisis Pembelajaran Terpadu pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Pinoh Selatan. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Utomo, E.P. 2018. Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3: 95-102. DOI: 10.17977/um022v3i22018p095.

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Wekke, I.S. 2019. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.

Wibowo, T. 2019. Mata Pelajaran IPS di MI/SD: Sebuah Strategi Pembelajaran Implementatif. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2): 147-163, DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1516.

Widiastuti, E. H. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1): 29-36.

Widyantoro, P., & Wahyuni, E. T. 2020. Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2): 16-35.

Yusuf, M. 2013. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract viewed = 8 times