Abstract

Rendahnya pemahaman siswa kelas VII tentang materi kimia diakibatkan oleh kondisi pembelajaran khususnya yang berkenaan dengan metode atau strategi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat  dari data daya serap siswa kelas VIIE di SMP 1 Kebonpedes pada materi sebelumnya yang telah diajarkan, menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa jauh dari yang diharapkan. Sekitar 70% siswa belum mencapai  nilai KKM dan 30% siswa sudah mencapai KKM.  Untuk mengoptimalkan pembelajaran ini perlu adanya kegiatan yang memanfaatkan berbagai metode, antara lain metode praktikum agar tujuan pembelajaran tercapai. Kegiatan praktikum memberikan peluang kepada siswa untuk memperdalam pemahaman terhadap materi yang diajarkan, mengembangkan ketrampilan kerja serta menumbuhkembangkan sikap ilmiah pada diri siswa khususnya pada materi kimia. Berdasarkan latar belakang penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada  materi Asam dan Basa  di kelas VII E SMPN 1 Kebonpedes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran dengan metode praktikum dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII E SMPN 1 Kebonpedes pada materi Asam dan Basa, terbukti dengan hasil skor penilaian prestasi meningkat dari siklus I ke siklus II. Disamping itu pembelajaran ini ternyata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa diukur dari keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan metode praktikum  meningkat dari siklus I ke siklus II. Disarankan kepada guru agar menggunakan metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi , khususnya kepada guru yang memiliki karakteristik siswa dan materi sejenis.