Analsisis Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantukan Media Facebook
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v2i1.297Keywords:
Keaktifan Siswa, Pembelajaran Kooperatif Yang Berbantukan Media FacebookAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui keaktifan siswa pada pembelajaran kooperatif berbantukan media facebook, pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Keaktifan siswa dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa di facebook dan aktivitas pembelajaran kooperatif siswa di kelas dengan melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran tersebut melalui lembar observasi.Respon siswa dapat dilihat melalui angket yang berjumlah 9 item dengan pilihan jawaban “ya†atau “tidakâ€. Subjek Penelitian adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Sukabumi pada tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan pada saat pembelajaran di facebook masih didominasi oleh siswa yang kurang aktif dengan prosentase 63%, kemudian siswa yang cukup aktif 20% dan siswa yang sangat aktif dengan prosentase 17%. Sedangkan keaktifan siswa dalam kelompoknya pada pembelajaran kooperatif melalui 3 kegiatan pembelajaran yaitu :Groovie di linkungan tercemar, Diskusi, dan Presentasi. Dengan rata-rata nilai kelompok untuk semua kegiatan adalah 2.97 dari skor maksimal 4.Selanjutnya, siswa merespon postif pada pembelajaran ini dengan prosentase rata-rata dari semua item pertanyaan adalah 79.95%, artinya siswa menyukai pembelajaran kooperatif yang berbantukan media facebook.