Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Wix Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fiksi

Authors

  • Atika Ab'ur tika Universitas Muhammadiyah Jakrta
  • Ahmad Fadly Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v10i2.2942

Keywords:

Menulis teks cerita fiksi, model circuit learning, media wix

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran circuit learning berbantuan media wix terhadap keterampilan menulis cerita fiksi. Observasi awal menemukan bahwa rata-rata dari peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam tulisan dan tidak memahami struktur penulisan dan penggunaan EYD dalam menyusun sebuah teks cerita fiksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Tangerang Selatan dengan populasi 462 peserta didik dan sampel berjumlah 89 yang dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu kelas 7.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (true experiment) dengan rancangan penelitian post-test-only. Metode pembelajaran yang diterapkan ialah model Circuit Learning pembelajaran berbantuan media Wix. Model ini diterapkan bertujuan agar peserta didik menjadi lebih aktif, dapat mengeksplorasi pengetahuannya, berpikir kritis, dan imajinatif. Terdapat adanya pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) yaitu dengan menerapkan model Circuit Learning dengan berbantuan media Wix, sedangkan pada kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan (treatment). Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian yang telah divalidasi oleh ahli. Nilai rata-rata yang diraih antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan perbedaan signifikan, kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 85.73 dan kelas kontrol 58.98. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Wix.

References

Agus Suradika. (2017). Metodologi Penelitian, Universitas Muhammadiyahh Jakarta Perss. Tanggerang Selatan. 47.

Hana Amalia. (2021). Pisikopatologi Anak Dan Remaja. Syiah Kuala University Press. Syiah Kuala. Bandah Aceh, Darusalam.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Resti Rahmawati. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Wix Pada Mata Pelajaran Produksi Pengelolaan Hasil Nabati Di Smkn 2 Cilakuku Cianjur. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Edufartech. 06. Dapat diakses pada

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Jl.Gegerkalong Hilir No.84. Alfabeta Bandung.

Yesi Ftirniani, Sri Astui. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning terhadap Menulis Naskah Drama kelas XI IPS SMA Negeri 3 Unggul Palembang. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.9.(2)

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract viewed = 2 times