Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia Dini melalui Model Dialogic Reading
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v2i1.294Keywords:
Menyimak, Berbicara, Anak Usia Dini, Dialogic ReadingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini terutama anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu, Anak Bintang 3 Banjaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan secara kolaboratif yang dilaksanakan dalam empat siklus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi (catatan lapangan), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan menyimak dan berbicara anak meningkat secara bertahap. Dalam kemampuan menyimak, anak terbukti bisa menentukan tokoh cerita, karakter, setting tempat dan waktu. Untuk kemampuan berbicara terlihat ketika anak bisa berbicara dengan jelas, berani berbicara di depan temannya, bisa merespon pertanyaan, dan bisa menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat sederhana.