Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Garis dan Sudut dengan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Penelitian Dilakukan pada Siswa Kelas VIIC Di SMPN 1 Kebonpedes)
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v2i1.293Keywords:
pembelajaran koperatif tipe NHT, hasil belajarAbstract
Hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran matematika yang terjadi di SMP Negeri 1 Kebonpedes khususnya pada materi pokok garis dan sudut belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Aktivitas peserta didik dalam belajar di kelas juga masih cenderung kurang. Banyak peserta didik bekerja sendiri-sendiri, kurang memiliki keberanian untuk bertanya bila mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Kebonpedes pada materi pokok garis dan sudut, dan meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar di kelas, dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kebonpedes sebanyak 36 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian tindakan yang ditempuh merupakan suatu siklus yang mencakup 4 tahap, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 (dua) instrumen pada setiap siklus, yakni tes tertulis pada setiap akhir siklus, dan lembar pengamatan aktivitas peserta didik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) minimal 85% peserta didik dalam satu kelas memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 66, (2) rata-rata aktivitas peserta didik lebih dari atau sama dengan 70%. Dari penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkat dibandingkan sebelumnya. Rata-rata aktivitas peserta didik juga meningkat. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 66 mencapai 77,8% dengan rata-rata aktivitas peserta didik 72%. Pada siklus II peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 66 mencapai 88,9% dengan rata-rata aktivitas peserta didik 76,5%. Simpulan yang dapat ditarik adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok garis dan sudut juga meningkatkan aktivitas peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kebonpedes tahun pelajaran 2014/2015.