Analisis Kualitas dan Keterbacaan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia

Authors

  • Faizal Arvianto

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v2i2.287

Keywords:

kualitas, keterbacaan, soal ujian nasional bahasa Indonesia

Abstract

Untuk memformulasikan soal tes yang baik, penyusun harus membekali dirinya dengan penguasaan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik. Bahasa Indonesia yang digunakan dalam soal berpengaruh terhadap tingkat pemahaman soal pada siswa. Oleh sebab itu, rendahnya prestasi belajar dan rendahnya nilai Ujian Nasional siswa tidak semata-mata disebabkan oleh ketidakpahaman siswa. Karena itulah sudah seharusnya aturan atau kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar harus menjadi salah satu syarat utama bagi setiap penulisan soal agar tidak menimbulkan interprestasi ganda dan membingungkan. Berdasarkan hasil analisis kualitas soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kualitas soal masih belum baik. Dari 50 soal terdapat 18 soal yang masih ditemukan banyak persoalan. Baik itu dari segi pemakaian tanda baca, penggunaan petunjuk yang belum sesuai, penulisan cetak miring yang belum tepat, dan penggunaan huruf kapital yang belum sesuai pada tempatnya. Berbanding terbalik dengan kualitas soal, tingkat keterbacaan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dapat diaktakan sudah cukup baik. Dari 50 soal hanya ditemukan 6 soal yang bermasalah, baik dari segi susunan kata dalam kalimat, kalimat yang tidak efektif, adanya repetisi/pengulangan, dan susunan kalimat yang maknanya kabur/ambigu.

Downloads

Published

2019-01-22
Abstract viewed = 1772 times