Peer Mentoring Membaca Al-Quran Intensif melalui Metode Talaqqi

Authors

  • Andri Moewashi Idharoel Haq

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v2i2.283

Keywords:

Peer mentoring, Metode Talaqqi, Kemampuan membaca Al-Quran

Abstract

Pelaksanaan peer mentoring dalam rangka pembimbingan mahasiswa untuk tuntas membaca Al-Quran selama dua tahun terakhir (2014 dan 2015) telah dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sukabumi dengan efektif dan hasil yang cukup baik. Namun di akhir pelaksanaan mentoring tuntas membaca Al-Quran masih belum mencapai 100 % melainkan baru 85 %. Dengan kata lain masih menyisakan sejumlah kecil mahasiswa (15%) yang belum mencapai lulus dalam kemampuan membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode peer mentoring dalam membaca Al-Quran yang intensif dengan memadukan peer (teman sebaya) mentoring dan metode Talaqqi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 awal yang belum lulus Membaca Al-Quran di semester 1. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain pretest-postest kelompok tunggal yang dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2015/2016. Melalui penggunaan peer mentoring secara intensif menggunakan metode Talaqqi diharapkan dapat menuntaskan membaca AlQuran bagi mahasiswa yang masih kesulitan membaca Al-Quran.

Downloads

Published

2019-01-22
Abstract viewed = 1230 times