Designing English Syllabus and Teaching Materials For Specific Purposes In Biology Education Department at UMMI

Authors

  • Arsyi Rizqia Amalia

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v2i2.282

Keywords:

kebutuhan siswa, materi bahasa Inggris, biologi

Abstract

Penelitian ini dibuat berdasarkan masalah-masalah yang terjadi di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi yaitu pemberian bahan ajar yang sangat umum dan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa; (2) mengetahui apakah materi yang selama ini diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan siswa; (3) mengetahui kegiatan yang sesuai dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Sampel dari penelitian ini yaitu mahasiswa semester empat dan enam, serta dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan ESP dan menggunakan empat teknik pengumpulan data, yaitu: dokumen, kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) keahlian bahasa Inggris yang dibutuhkan yaitu membaca teks ilmiah yang berhubungan dengan bidang biologi dan pendidikan; (2) materi yang selama ini diberikan belum sepenuhnya berhubungan dengan kebutuhan siswa; dan (3) kegiatan pembelajaran bahasa Inggris harus diberikan dengan cara yang lebih menarik dengan banyak ragam sumber bahan ajar dan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini terlaksana dengan baik dan dengan hasil yang baik pula, karena penelitian ini dipercaya sudah cukup menjawab permasalahan-permasalahan yang sering muncul di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi.

Downloads

Published

2019-01-22
Abstract viewed = 560 times